Kamis, 26 Januari 2012

Surat Identitas Kucing


Surat Identitas Kucing
(Surat Silsilah dan Surat Registrasi/Cat ID)
rumah kucing-
Di Indonesia, terdapat 3 organisasi besar yang telah diakui oleh asosiasi pencinta kucing tingkat dunia yaitu Indonesian Cat Association (ICA), Cat Fancy Indonesia (CFI), dan Cat Fanciers' Society of Indonesia (CFSI). Ketiga organisasi ini berjalan secara terpisah dan memiliki simpatisan/partisan tersendiri. ICA dan CFI mengeluarkan Surat Identitas Kucing sendiri, sedangkan CFSI berafiliasi ke CFA.

Pada umumnya pencinta kucing tidak terlalu memperdulikan organisasi mana yang lebih baik, karena ketiganya relatif baik dan diakui dunia internasional. Namun perlu juga diperhatikan bahwa organisasi CFI tidak akan mengeluarkan sertifikat untuk hasil pembiakan yang induknya berasal dari ICA, demikian juga sebaliknya; kecuali induk import yang sertifikatnya berasal dari asosiasi yang telah diakui. Sedangkan CFSI, sertifikatnya cenderung langsung dari induk organisasinya yaitu dari CFA.

Di luar masalah legalitas penerbitan sertifikat, ICA, CFI, dan CFSI telah membuktikan jasanya bagi pembiakan kucing di Indonesia dan hingga saat ini masih memegang peran sangat penting dalam menyediakan berbagai informasi, pengetahuan teknis hingga pelatihan dan bahkan mewadahi hasrat/keinginan para pencinta kucing

Registrasi kucing diperlukan untuk identitas kucing berdasarkan pembiakan dan atau kepemilikannya, dalam upaya untuk melindungi kemurnian genetik kucing dengan mengacu pada prinsip genetik dan standar yang digunakan oleh beberapa asosiasi kucing internasional.

1. Sertifikat Registrasi Kucing (Certificate of Cat Registration) :

Diterbitkan untuk setiap anak kucing hasil pembiakan cattery dengan persyaratan : Hanya pembiak yang dapat mengajukan sertifikat registrasi kucing dari hasil perkawinan yang baik dan benar dengan melampirkan laporan kelahiran.

Jika anak kucing menunjukkan penyimpangan warna atau cacat genetik yang dapat merusak keturunannya seperti : mata juling (cross eyed), ekor bengkok / patah (kecuali pada ras tertentu) maka pembiak memberi tanda silang pada kolom 'tidak untuk dibiakkan'.

Sertifikat Registrasi Kucing digunakan untuk mengajukan penerbitan sertifikat silsilah dan sebagai persayaratan pendaftaran dalam kontes kucing untuk katagori pedigree.

Jika terjadi perkawinan yang tidak diizinkan, maka Sertifikat Registrasi Kucing tidak dapat diterbitkan, sebagai penggantinya asosiasi/organisasi kucing akan menerbitkan Cat ID.

2. Cat ID :

Cat ID diterbitkan atas permintaan pemilik kucing dengan melampirkan foto kucing bersangkutan untuk kucing :
  • Hasil pembiakan yang tidak memenuhi persyaratan perkawinan yang baik dan benar.
  • Tidak mempunyai sertifikat silsilah dan atau dari hasil pembiakan yang dilakukan oleh pembiak bukan cattery terdaftar.
  • Hasil pembiakan yang dilakukan oleh anggota/member asosiasi (CFI atau ICA) bukan cattery terdaftar.
  • Kucing yang kualitasnya kurang baik dapat diturunkan (down grade) menjadi kucing kesayangan (pet quality)

yang dimaksud dengan Cattery terdaftar adalah cattery yang telah resmi terdaftar dan diakui oleh asosiasi/organisasi kucing (dalam hal ini oleh ICA atau CFI)
Pemilikan hanya atas nama satu orang, dan bukan suatu badan usaha.

Cat ID merupakan bukti kepemilikan dan juga dapat digunakan untuk proses pengakuan ras generasi kucing tersebut (up grade) melalui kompetisi di kelas Novice

Cat ID digunakan sebagai persyaratan pendafataran dalam kontes kucing untuk katagori non pedigree dan pemula (Novice)

3. Sertifikat Silsilah (Pedigree Certificate) :

Pedigree atau dapat diterjemahkan sebagai 'Silsilah', adalah catatan/rekaman dalam bentuk diagram yang menunjukkan asal usul keturunan suatu hasil pembiakan

Sertifikat Silsilah diterbitkan atas permintaan atau persetujuan cattery terdaftar dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  • Mempunyai catatan silsilah sekurang-kurangnya 2 generasi dari hasil pembiakan yang baik dan benar
  • Fotocopy Sertifikat Registrasi Kucing
  • Foto kucing yang bersangkutan
  • Umur kucing umumnya tidak lebih dari 10 bulan

Khusus untuk kucing impor dari asosiasi yang berafiliasi dengan FIFe, CFA, TICA, dsb (yang diakui ICA atau CFI), sertifikat silsilah dapat diputihkan dengan melampirkan sertifikat silsilah dan foto kucing yang bersangkutan.

Kesalahan pencatatan data seperti jenis kelamin, warna bulu yang disebabkan karena kesalahan laporan cattery dapat diubah atas permintaan pemilik kucing dengan persetujuan / sepengetahuan cattery.

Perubahan nama kucing hanya dapat dilakukan sebelum sertifikat silsilah diterbitkan dengan memperbarui Sertifikat Registrasi Kucing (dikenakan biaya).

Sertifikat silsilah digunakan sebagai persyaratan pendaftaran kontes kucing untuk kelas ras murni.  




Sumber :
Tulisan pada halaman ini dari berbagai sumber, antara lain dari kucing.biz dan dari dompi.co.id, flamboyan.co.id, CFI, ICA, CFSI, dsb yang telah disempurnakan (diupdate) isi atau materinya. 
Bila anda ingin mengcopy tulisan maupun gambar2 pada situs ini, silakan saja, tidak masalah, hitung2 turut mencerdaskan masyarakat dan nambah amal plus pahala. Tentu saja jangan lupa mencantumkan sumbernya, rumah kucing Ok, salam kucing

11 komentar:

Unknown mengatakan...

Cara bikin sertifikat kucing gimana ya

Unknown mengatakan...

Persyaratannya apa sj ?

Unknown mengatakan...

Cara bikin sertifikat kucing gimana ya

Unknown mengatakan...

Cara bikin sertifikat kucing gimana ya...

Unknown mengatakan...

Cara bikin sertifikat kecing dan syarat nya apa² saja.

Unknown mengatakan...

Saya punya kitten peaknose non ped.tp indukanya ped.bgmn cr bikin sertifikat pednya.dan brp biaya bikin sertifikatnya....

Unknown mengatakan...

boleh alamat email atau yg lain nya agar bisa bertanya lebih banyak lagi mengenai sertifikasi, terima kasih.
ilham

Nugi mengatakan...

Kemana cara bikin strifikat trimakasih

hunter bogor mengatakan...

Brapa biaya nya

Unknown mengatakan...

Bikin sertifikat di Palembang dmn ya

AULIA RAHMAN PUTRA mengatakan...

Mau bertanya syarat buat sertifikat

Posting Komentar

 

©2010-2012 Rumah Kucing | by Cat Lovers