Jumat, 27 Januari 2012

Penyakit Kucing dan Pencegahan/Pengobatannya


Flu pada Kucing

Penyakit flu dapat terjadi pada kucing, terutama pada kucing yang belum divaksinasi dan dapat menular kepada kucing lain. Penyakit ini jarang menyebabkan kematian pada kucing dewasa, namun dapat berakibat fatal bila menyerang anak kucing. Meskipun pada kucing dewasa jarang berakibat fatal, gejala-gejala penyakit seperti pilek dan bersin-bersin dapat berlangsung cukup lama. Oleh karena itu pencegahan dengan vaksinasi rutin merupakan tindakan terbaik.


Apakah Flu Kucing itu?

Flu kucing adalah penyakit pada kucing yang biasanya disebabkan oleh infeksi satu atau kombinasi beberapa virus dan bakteri.


Bagaimana cara penularan penyakit ini ke kucing lain ?

Flu kucing menyebar melalui air liur, cairan bersin/droplet yang mengandung virus. Droplet ini tersebar melalui bersin, kontak langsung atau tidak langsung melalui peralatan (tempat makanan, minuman, kandang, dsb) yang tercemar virus. Kontak tidak langsung juga dapat terjadi melalui sentuhan manusia, oleh karena itu cucilah tangan dengan sabun/antiseptik setelah memegang kucing sakit agar tidak menulari kucing lain.

Masa inkubasi penyakit ini dapat mencapai 3 minggu, artinya kucing bisa saja tidak menunjukkan gejala sakit flu hingga 3 minggu sejak virus menyerang. Selama 3 minggu tersebut kucing bisa saja menyebarkan virus, meskipun tidak terlihat sakit.


Bagaimana tanda-tanda kucing terserang Flu ?

Gejala flu kucing diawali dengan bersin-bersin bekelanjutan, demam, nafsu makan berkurang atau hilang sama sekali, lemah, lesu, diikuti dengan batuk, mata merah dan berair. Tanda-tanda penyakit biasanya mulai berkurang setelah 7 hari dan kembali ke kondisi semula dalam 2-3 minggu. Pada beberapa kasus, penyakit ini dapat menyebabkan semacam sariawan pada mulut dan menyebabkan kucing kesakitan bila makan.


Apakah Flu kucing menular pada manusia ?

Tidak. Virus flu pada kucing berbeda dengan virus flu yang menyerang manusia, sehingga flu ini tidak menyerang manusia, tidak menular ke manusia. Menularnya hanya ke kucing lain.


Apakah flu kucing dapat diobati ?

Sayangnya hingga saat ini belum ada obat untuk flu kucing. Segera temui dokter hewan bila gejala penyakit ini terjadi pada kucing Anda. Pemberian obat-obatan seperti antibiotik lebih bersifat mencegah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Obat-obat lain yang diberikan biasanya bertujuan untuk mengurangi gejala flu seperti menurunkan panas, melegakan pernafasan dan menghilangkan lendir saluran pernafasan yang berlebihan. Selebihnya sangat tergantung pada sistem kekebalan tubuh kucing itu sendiri.

Pada kucing dengan kondisi dan gizi yang bagus, penyakit flu ini akan sembuh sendiri dalam waktu 2-3 minggu. Meskipun kucing tidak mau makan, usahakan ada makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan cara disuapi, agar kucing tersebut tetap mempunyai energi dan nutrisi yang baik untuk memerangi virus flu.


Perawatan kucing sakit

Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai obat dan perawatan untuk kucing anda. Isolasi kucing yang sakit, sebaiknya berbeda ruangan dengan kucing lain yang sehat. Kurangsi stres pastikan ruangan berventilasi baik dengan sirkulasi udara yang cukup. Berikan minum dan makanan yang cukup, suapi bila tidak mau makan. Bersihkan kotoran pada hidung dan mata kucing.

Obat-obatan yang diberikan biasanya tergantung gejala. Antibiotik diberikan untuk mencegah infeksi sekunder akibat bakteri. Obat tetes atau salep mata diberikan untuk mengurangi penyakit pada mata. Dekongestan diberikan untuk mengurangi lendir berlebihan pada saluran pernafasan. Pemberian Lysin dapat mengganggu perkembangbiakan (replikasi virus) dan dapat meningkatkan nafsu makan serta mempercepat kesembuhan.


Bila kucing hamil terinfeksi.

Komplikasi pada saat bunting juga dapat terjadi seperti radang paru-paru pada anak kucing, anak kucing lahir sakit dan keguguran (abortus).


Apakah Kucing yang terserang Flu dapat kembali sehat ?

Biasanya kucing yang terserang flu kembali sehat dalam beberapa minggu. Pada beberapa kasus infeksi dan gejalanya berlangsung lebih lama, Kucing terlihat selalu bersin-bersin dan pilek selama beberapa bulan. Hal ini dapat menyebabkan kondisi kucing kurang baik dan mudah terserang penyakit lain.


Perlukah diberi vitamin atau suplemen ?

Vitamin dan suplemen dapat membantu meningkatkan kondisi dan sistem kekebalan tubuh kucing yang sedang sakit. Konsultasikan dengan dokter hewan vitamin/suplemen yang cocok beserta dosisnya.


Apakah Vaksinasi dapat menyembuhkan kucing yang sakit flu ?

Vaksinasi lebih bersifat pencegahan. Vaksinasi rutin tidak 100 % melindungi kucing dari penyakit. Walaupun begitu, pada kucing yang rutin divaksinasi, meskipun terserang flu biasanya tidak parah dan lebih cepat sembuh.


Pencegahan

Vaksinasi rutin untuk pencegahan dapat dilakukan untuk mencegah penyakit yang parah. Kitten sebaiknya divaksinasi pada umur 8-10 minggu, kemudian diulang pada umur 12-14 minggu, setelah itu baru diulang setiap tahun.


Referensi :
Five Minutes Veterinary Consult
Vetstream Felis
The Merck Veterinary Manual 7th ed


Chlamydiosis : Penyebab Gangguan Pernafasan,
Mata Merah & Bengkak

Feline chlamydiosis, dikenal juga dengan sebutan feline pneumonitis (Radang paru-paru pada kucing), biasanya menyebabkan gangguan saluran pernafasan bagian atas yang relatif ringan tetapi kronis (lama). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia psitacii.

Tanda-tanda utama penyakit ini biasanya radang/sakit pada mata, disertai cairan kotoran mata berlebihan. Infeksi ini menyebabkan juga pilek, bersin dan kesulitan bernafas yant disebabkan radang paru-paru. Bila tidak diobati, infeksi bisa menjadi kronis, berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Selain Chlamydia, virus feline rhinotracheitis dan feline calicivirus termasuk organisme yang menyebabkan penyakit gangguan pernafasan bagian atas pada kucing. Chlamydia menyebabkan sekitar 10-15 % dari total kasus gangguan pernafasan pada kucing.


Penyebaran & Penularan

Bakteri Chlamydia terdapat di seluruh dunia dan menyebabkan penyakit pada sekitar 5 ¬ 10 % dari seluruh populasi kucing. Penyakit ini sering menyerang kucing muda (kitten umur 2 ¬ 6 bulan), tempat penampungan hewan atau tempat dengan populasi kucing lebih dari satu. Wabah sering terjadi pada pemeliharaan kucing yang terlalu padat, nutrisi yang kurang baik dan tempat/kandang dengan ventilasi yang kurang.

Bakteri yang menyebabkan chlamydiosis menular ke kucing lain melalui cairan pilek atau kotoran mata, penularan biasanya melalui beberapa cara sebagai berikut :

Kontak dengan objek yang terkontaminasi bakteri seperti kandang, makanan, tempat makan/minum, pakaian pemilik dan tangan pemilik.

Kontak dengan mulut, hidung atau kotoran mata kucing yang terinfeksi.

Bersin dan batuk yang bisa menyebarkan virus dalam radius 3.5 meter.


Tanda-tanda kucing sakit Chlamydiosis

Tanda-tanda penyakit ini baru muncul bila bakteri menyerang mata dan saluran pernafasan. Tanda-tanda yang umum biasanya berupa :
  • Kurang/hilangnya nafsu makan
  • Batuk
  • Sesak nafas atau kesulitan bernafas
  • Demam
  • Radang paru-paru (pada kitten umur 2-4 bulan dapat menyebabkan kematian)
  • Hidung berwarna merah disertai pilek
  • Bersin-bersin
  • Mata merah, bengkak dan berair


Perawatan & pengobatan

Temui dokter hewan untuk memastikan penyakit ini menyerang kucing anda dan mendapat obat yang sesuai. Penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik tetrasiklin. Mata yang sakit dapat diobati dengan salep mata yang mengandung tetrasiklin. Umumnya pengobatan berlangsung selama beberapa minggu sampai 6 minggu tergantung keparahan penyakit.

Selalu bersihkan mata dan hidung yang kotor, ini dapat mempercepat kesembuhan. Suapi kucing bila nafsu makannya hilang. Kucing yang sakit harus diisolasi agar penyakitnya tidak menulari kucing lain.


Pencegahan

Vaksinasi tidak harus selalu 100 % melindungi kucing, tetapi dapat mengurangi keparahan Penyakit.

Sumber : silakan dilihat di bawah sendiri


Feline Infectious Peritonitis (FIP) :
Radang Selaput Rongga Perut Kucing

FIP (Feline Infectious Peritonitis) adalah penyakit serius, hampir selalu berakibat kematian bagi kucing. Penyakit ini disebabkan oleh coronavirus (feline corona virus/FcoV), yaitu sejenis keluarga virus yang menyerang anjing dan babi dan beberapa spesies virus ini dapat menyerang manusia. Tetapi virus yang menyebabkan FIP pada kucing, tidak dapat menyerang manusia.

Coronavirus yang relatif tidak berbahaya dan biasa menyerang kucing adalah Feline Enteric Coronavirus (FECV). FECV yang bermutasi menjadi virus ganas disebut Feline Infectious Peritonitis Virus (FIPV). Bila respon kekebalan tubuh kucing kurang baik, FECV yang bermutasi jadi FIPV ini dapat menyebabkan penyakit sistemik yang disebut Feline Infectious Peritonitis (FIP).


Bentuk Penyakit.

Penyakit ini bermanifestasi dalam dua bentuk : basah dan kering. Tipe basah menyebabkan sekitar 60-70% dari keseluruhan kasus penyakit ini dan lebih ganas dari tipe kering. Bentuk penyakit yang muncul sangat tergantung pada reaksi kekebalan tubuh kucing. Bila kekebalan tubuh bereaksi cepat biasanya yang muncul adalah tipe kering. Sebaliknya bila kekebalan tubuh lambat bereaksi, maka tipe basah yang muncul.

Bila respon kekebalan tubuh cukup kuat, gejala penyakit bisa tidak muncul. Namun kucing dapat menjadi carrier dan dapat menularkan virus selama beberapa tahun hingga kekebalan tubuhnya berkurang sedikit demi sedikit. Seiring dengan berkurangnya kekebalan, penyakit akan semakin berkembang hingga timbul gejala sakit dan akhirnya menyebabkan kematian.


Statistik Kejadian Penyakit.

Ada dua strain virus penyebab penyakit ini, yaitu FcoV–1 dan FcoV-2, sekitar 85 % penyakit FIP disebabkan oleh strain pertama. Kejadian penyakit FIP sekitar 1 % dari total kucing sakit yang dibawa ke dokter hewan untuk diobati.

Penyakit ini biasa menyerang kucing, terutama kucing-kucing cattery penampungan hewan, dimana terdapat sejumlah besar kucing dewasa & anakan hidup bersama. Diperkirakan sekitar 10-20 % kucing pada tempat-tempat yang positif mengandung FECV, terinfeksi FIP. Sekitar 2 % kasus penyakit terjadi pada pemeliharaan kucing kurang dari tiga ekor.


Penularan Penyakit.

Kucing sehat tertular melalui kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi atau kotorannya (feces). Kucing yang terinfeksi menyebarkan virus melalui liur dan feces. Penularan terutama terjadi melalui kontak feces dengan mulut, lainnya melalui liur atau lendir saluran pernafasan.

Virus FIP dapat bertahan hidup selama 2 – 3 minggu dengan suhu ruangan pada permukaan kering, termasuk pada peralatan makan kucing, mainan, kotak kotoran (litter), tempat tidur (bedding), pakaian kucing (clothing) atau rambut kucing. Induk yang carrier dapat menularkan virus ke anaknya.

Menurut para ahli, kucing jarang tertular virus FIP secara langsung. Sebagian besar penyakit FIP yang terjadi diduga berasal dari mutasi FECV yang memang banyak terdapat pada pencernaan kucing dan relatif tidak berbahaya.


Gejala.

Sebagian besar kucing yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala yang nyata, tetapi sebenarnya virus tetap berkembang di dalam tubuh. Setelah kontak, virus mulai berkembang di tenggorokan dan usus halus kucing. Kemudian pindah ke paru-paru, perut dan menyebar diseluruh usus. Sekitar 1 – 10 hari kemudian virus sudah dapat ditularkan ke kucing lain.

Selama infeksi ini, gejala yang muncul bisa berupa bersin-bersin, mata berair, lendir hidung yang berlebihan, diare, berat badan berkurang, lemah & lesu. Gejala yang muncul bisa juga non spesifik seperti : hilang nafsu makan, depresi, rambut kasar dan demam.

Pada bentuk basah terjadi akumulasi cairan di rongga perut dan rongga dada, menyebabkan menyebabkan pembengkakan daerah perut (biasanya tanpa rasa sakit) disertai kesulitan bernafas.

Pada bentuk kering, cairan yang menumpuk relatif sedikit dan gejala yang muncul tergantung organ yang terinfeksi virus. Sekitar setengah dari kasus bentuk kering, menunjukkan gejala radang mata atau gangguan syaraf seperti : lumpuh, cara berjalan yang tidak stabil dan kejang-kejang. Gejala lainnya bisa berupa gagal ginjal atau pembengkakan hati, depresi, anemia, berat badan berkurang drastis, gangguan pankreas dan sering disertai demam. Gejala lain berupa muntah, diare & icterus (warna kekuningan pada kulit dan selaput lendir).


Pengobatan.

Sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan yang ada masih berupa pengobatan suportif untuk mengurangi gejala dan mengurangi rasa sakit kucing. Kucing yang sakit dapat bertahan hidup 1 minggu – 1 tahun tergantung kekebalan tubuh dan keparahan penyakit.


Pencegahan.

Jaga kebersihan kandang & peralatan, dicuci dengan sabun, deterjen atau desinfektan. Bahan yang murah meriah & cukup efektif adalah larutan kaporit/pemutih + 3 %. Jaga kesehatan kucing dengan pemberian nutrisi yang cukup dan baik.

Vaksin FIP pertama digunakan tahun 1991 di USA. Sampai saat ini efektivitas vaksin masih diperdebatkan.

Sumber : silakan dilihat di bawah sendiri


Feline Panleucopenia :
Penyebab Muntah dan Mencret pada Kucing

Apa yang dimaksud dengan feline panleucopenia ?
Penyakit ini disebut juga Feline Parvovirus, Feline Infectous Enteritis/FIE (radang usus menular). Panleucopenia adalah penyakit serius yang cukup berbahaya pada kucing. Penyakit ini diakibatkan oleh virus. Angka kematian berkisar 25% - 85% pada kucing yang belum divaksinasi. Penyakit mudah menular ke kucing lain, tetapi tidak menular pada manusia dan anjing.

Bagaimana penyakit ini menular ?
Penyakit ini menular kontak langsung atau tidak langsung melalui air liur, air kencing,muntah dan melalui kotoran kucing yang terinfeksi. Selain itu anak kucing juga dapat tertular virus dari induknya, bila sang induk terserang virus ini pada saat bunting.

Virus panleucopenia dapat bertahan cukup lama di luar tubuh kucing. Sebagian besar desinfektan tidak mampu membunuh virus ini. Oleh karena itu penularan terbesar terjadi melalui kontak dengan kandang, lantai atau peralatan makan dan minum kucing yang tercemar virus dan tidak dibersihkan dengan desinfektan yang sesuai.

Virus masuk ke tubuh kucing biasanya melalui mulut, berkembang di kelenjar pertahanan di bagian mulut, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Kemudian virus akan berkembang di beberapa organ seperti kelenjar pertahanan seluruh tubuh, sumsum tulang dan selaput lendir usus yang menyebabkan hancurnya usus.

Bagaimana tanda-tanda kucing terkena penyakit ini ?
Penyakit ini dapat menyebabkan anemia, muntah-muntah dan diare yang parah pada kucing. Kadang-kadang perkembangan penyakit sedemikian cepat sehingga anak kucing mati tiba-tiba sebelum pemiliknya sempat melihat tanda-tanda sakit. Setelah diare dan muntah, biasanya diikuti dengan hilangnya nafsu makan yang mengakibatkan dehidrasi dan kematian.

Apakah penyakit ini dapat diobati ?
Hingga saat ini belum ada obat yang dapat membunuh virus di dalam tubuh kucing. Kesembuhan kucing sangat tergantung kekebalan tubuh kucing tersebut. Obat yang diberikan hanya bertujuan mencegah infeksi lain yang disebabkan bakteri dan meningkatkan kondisi tubuh kucing. Perawatan intensif diperlukan agar kucing tetap makan dan memperoleh nutrisi yang cukup untuk melawan virus.

Bagaimana mencegah penyakit ini ?
Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi yang teratur. Anak kucing dapat divaksinasi pada umur 8-10 minggu. Agar kekebalan yang terbentuk lebih terjamin sebaiknya vaksinasi diulang 1 bulan kemudian. Setelah itu vaksinasi dianjurkan diulang setiap tahun. Untuk kucing dewasa atau berumur lebih dari 6 bulan yang belum pernah divaksinasi, vaksinasi bisa dilakukan tiap tahun.

Bagaimana akibat jangka panjang penyakit ini ?
Pada beberapa kasus, penyakit menyebabkan kerusakan usus yang sangat parah, sehingga kucing yang sembuh mengalami kesulitan untuk menyerap nutrisi makanan. Pada beberapa kasus lain kucing yang sembuh mengalami diare terus-menerus.

Kapan sebaiknya membawa kucing baru ke rumah ?
Anda baru saja kehilangan kucing yang mati akibat penyakit ini. Akan tiba saatnya anda menginginkan penggantinya. Virus panleucopenia dapat bertahan hingga 1 tahun di lingkungan. Akan lebih baik bila anda menunggu setidaknya 1 tahun sebelum membawa kucing baru ke rumah. Bila ingin lebih cepat, tunggulah setidaknya 1 bulan sambil membersihkan kandang, peralatan makan, daerah yang diduga tercemar virus, dll dengan desinfektan yang tepat. Lebih baik lagi membawa kucing dewasa yang sudah di vaksinasi.

Desinfektan jenis apa yang dapat membunuh virus ini ?
Sebagian besar desinfektan rumahan yang dijual bebas di supermarket tidak dapat membunuh virus ini. Carilah desinfektan khusus hewan di petshop-petshop atau tempat lain yang mengandung bahan aktif golongan formaldehida atau Chlorin.


Sumber : silakan dilihat di bawah sendiri


Feline Calicivirus :
Gangguan Pernafasan, Sariawan, Sakit Persendian

Feline Calicivirus, penyakit ini biasa menyerang kucing, menyebabkan gangguan pernafasan, luka sekitar bibir dan mulut seperti sariawan (ulkus oral), kadang disertai sakit persendian. Penyakit ini menyebabkan flu yang agak berat tetapi jarang menyebabkan komplikasi serius.

Apa yang dimaksud dengan Calicivirus ?
Calicivirus termasuk salah satu penyebab gangguan pernafasan pada kucing. Penyakit saluran pernafasan bisa disebabkan sekelompok virus dan bakteri seperti Virus Feline Rhinotracheitis dan bakteri Chlamydia (sekarang Chlamydophila). Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan pilek dan mata berair. Calicivirus dan rhinotracheitis menyebabkan sekitar 85-90% dari seluruh penyakit pernafasan pada kucing.

Calicivirus tersebar di seluruh dunia dan dapat menyerang semua ras kucing. Vaksinasi telah mengurangi kejadian dan keparahan gejala klinis penyakit ini.

Calicivirus mempunyai beberapa strain, strain tertentu menyebabkan gejala yang berbeda seperti luka (ulkus) pada telapak kaki dan mulut. Sebagian besar gejala yang muncul biasanya suara menjadi serak, dan hilangnya nafsu makan.

Penyebaran virus.
Penyebaran virus ini ke kucing lainnya, biasanya dengan kontak melalui air liur, cairan yang keluar dari hidung dan mata dan kadang kadang melalui kotoran kucing yang terinfeksi.

Virus ini tahan terhadap berbagai desinfektan dan dapat bertahan di luar tubuh kucing hingga 8-10 hari. Banyak kucing yang telah sembuh tetap dapat menularkan penyakit ini meskipun tidak menunjukkan gejala sakit.

Virus ini sering menyerang kucing muda (kitten), rumah/tempat dengan jumlah kucing banyak dan tempat penampungan hewan. Wabah biasanya terjadi pada kandang/populasi kucing yang padat, ventilasi kurang baik, kandang yang kurang bersih, nutrisi kurang dan suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Tanda-Tanda kucing terserang calicivirus.
Penyakit ini berkembang secara cepat dan tiba-tiba. Kucing yang tadinya terlihat sehat bisa saja besoknya terlihat lesu dan sakit.

Tanda-tanda kucing sakit yang umum berupa bersin (tidak sebanyak Feline Rhinotracheitis), batuk, pilek, cairan berlebih dari mata dan hidung. Luka (ulkus) seperti sariawan pada hidung, mulut, lidah atau bibir yang menyebabkan kucing tidak mau makan karena kesakitan saat mengunyah makanan. Kadang-kadang ulkus juga terjadi di sela-sela cakar. Demam tinggi, sulit bernafas akibat radang paru-paru (pneumonia).

Penanganan kucing sakit.
Konsultasikan penanganan dan obat yang tepat dengan dokter hewan anda. Isolasi kucing yang sakit, jauhkan dari kucing lain, sebaiknya ditempatkan di ruangan yang terpisah aliran udaranya dari kucing lain yang sehat. Beri makanan yang lunak, suapi bila kucing tidak mau makan. Beri nutrisi yang baik, bersihkan kotoran pada mata dan hidung. Pemberian antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Pada kasus penyakit yang berat diperlukan rawat inap dan infus.

Pencegahan.
Satu-satunya cara pencegahan adalah vaksinasi kucing secara teratur setiap tahun. Meskipun tidak 100 % melindungi kucing dari penyakit, namun kucing yang sudah divaksinasi mempunyai kemungkinan sembuh yang lebih tinggi dan cepat.

Referensi :
Merck veterinary manual 7th edition
Five minutes veterinary consult, Lipincott & Williams


Feline Immunodeficiency Virus :
Menyerang Sistem Kekebalan Kucing

Feline Immunodeficiency Virus (FIV) yang menyebabkan berbagai penyakit akibat hilangnya atau berkurangnya kekebalan tubuh pada kucing. Manusia tidak dapat tertular FIV dari kucing, namun kucing dapat tertular FIV tersebut dari kucing lainnya.

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan kucing yang positif terkena FIV. Namun kucing yang terinfeksi FIV masih dapat hidup bertahun-tahun hingga sedikit-demi sedikit kekebalan tubuhnya melemah dan akhirnya mati karena berbagai penyakit.

FIV terdapat diseluruh dunia dan sekitar 1,5 ¬ 3 % kucing di USA terinfeksi penyakit ini. Dan sekitar 5% kucing yang positif FIV juga menderita penyakit Feline Leukemia Virus (FeLV).

Kucing yang sering berkeliaran di luar rumah mempunyai resiko terkena FIV lebih tinggi dari pada kucing yang hidup di dalam rumah, begitu pula kucing jantan yang agresif dan sering berkelahi lebih mudah terinfeksi.

Penularan Penyakit.
FIV terutama ditularkan melalui luka gigitan. Induk bunting yang terinfeksi juga dapat menulari anaknya pada saat masih di dalam rahim. FIV hanya menulari kucing dan tidak dapat mempengaruhi manusia.

Apakah bisa disembuhkan ?
Sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar efektif melawan FIV. Umur kucing yang terinfeksi FIV bervariasi tergantung kekebalan tubuh tiap individu. Lebih dari 50 % kucing yang terinfeksi, tidak menunjukkan gejala sakit sedikit pun selama beberapa tahun. Sekitar 20 % kucing yang terinfeksi FIV mati dalam waktu 2 tahun. Pada umumnya kucing mati dalam waktu 4-6 tahun setelah virus masuk dan menginfeksi tubuh.

Tindakan bagi kucing yang terinfeksi.
Karena tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, seluruh tindakan bertujuan mencegah infeksi sekunder lain dan mencegah penyebaran penyakit. Kucing yang positif terinfeksi sebaiknya diisolasi dan jauhkan dari kucing lain.

Pencegahan.
Sampai saat ini vaksin FIV belum ditemukan, oleh karena itu semua tindakan pencegahan bertujuan mengurangi resiko penularan dengan cara : mengurangi sifat agresif kucing jantan dengan kebiri, kandangkan kucing di dalam rumah, jaga kebersihan dan kesehatan kucing dengan vaksinasi teratur dan nutrisi yang baik.

Sumber : silakan dilihat di bawah sendiri


Periodontal : Penyakit Pinggiran Gigi Kucing

Penyakit Periodontal.
Periodontal berasal dari dua kata yunani yaitu Peri yang berarti pinggiran atau sekitar, dan dontal yang berarti gigi. Penyakit periodontal adalah gangguan pada gigi dan daerah sekitarnya yang biasanya disertai peradangan. Penyakit ini dapat mengganggu jaringan penahan yang terdapat di sekitar gigi, akibatnya gigi menjadi goyah dan mudah lepas.

Perkembangan penyakit periodontal.
Bakteri dan sisa-sisa makanan tertinggal dan menumpuk disekitar perbatasan gigi membentuk plak. Bila plak tidak segera dibersihkan, mineral dan senyawa yang berasal dari air liur akan bereaksi dan menyebabkan plak menempel lebih kuat ke pinggiran gigi dan membentuk tartar gigi dalam waktu 3-5 hari sejak plak terbentuk.

Tumpukan tartar dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan peradangan pada gusi (gingivitis). Radang gusi terlihat dari gusi yang berwarna merah tua di daerah perbatasan dengan gigi. Tartar juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Tartar berkembang membentuk Calculus/karang gigi, menumpuk di antara gigi dan gusi dan merangsang perkembangan bakteri di daerah tersebut. Selain menyebabkan radang gusi, bakteri bersama senyawa sisa-sisa bakteri dapat menyebabkan rusaknya gigi. Pada tahap ini kerusakan bersifat permanen dan biasanya gigi tidak dapat kembali normal seperti sedia kala. Keadaan ini disebut penyakit periodontal dan bila tidak segera diatasi dapat berlanjut menjadi rasa sakit, gigi longgar, abses dan infeksi yang menyebar ke seluruh badan. Lebih lanjut lagi, tulang rahang bisa berlubang-lubang dan rusak.

Tanda-tanda penyakit periodontal.
Dalam perkembangan penyakit, beberapa gejala seperti berikut bisa saja muncul :
  • Cairan/lelehan nanah disekitar gigi
  • Nafas berbau busuk berkepanjangan
  • Gusi yang mudah luka dan berdarah
  • Daerah sekitar mulut sakit atau sensitif bila di pegang
  • Mencakar-cakar daerah sekitar mulut
  • Gusi yang bengkak, berwarna merah atau bentuknya tidak normal
  • Gigi longgar atau lepas
  • Hilangnya nafsu makan
  • Gangguan pencernaan
  • Air liur menetes
  • Kesulitan mengunyah atau makan

Pengobatan.
Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ini tergantung derajat keparahan penyakit.

Pada tahap awal, biasanya hanya diperlukan pembersihan karang gigi yang lazim disebut Scalling. Scalling gigi kucing diakukan dengan kucing dalam keadaan terbius total. Dianjurkan untuk melakukan scalling rutin 1-2 kali setiap tahunnya. kucing tua atau mengalami gangguan ginjal/hati sebaiknya tidak dibius karena berbahaya bagi kucing itu sendiri.

Pada tingkatan lebih parah, diperlukan tindakan operasi seperti cabut gigi atau membuang sebagian jaringan gusi yang sudah rusak parah (gingivectomy).

Pencegahan.
Apapun jenis makanan kucing, baik itu makanan basah/kalengan ataupun makanan kering, gigi kucing perlu dibersihkan minimal 2 kali dalam seminggu.

Scalling/pembersihan gigi rutin dapat dilakukan 1-2 kali dalam setahun. Dilakukan oleh dokter hewan dalam keadaan kucing terbius total.

Bagaimanapun juga sikat gigi rutin lebih baik untuk pencegahan daripada scalling yang membutuhkan biaya relatif lebih banyak.

Referensi : drh. Neno Waluyo S.


Penyakit Cacing pada Kucing & hewan lainnya

Cacing merupakan endoparasit (parasit yang hidup dalam tubuh) yang dapat menyerang kucing, anjing, dan hewan lainnya.

Sebagian besar kucing yang terinfeksi tidak memperlihatkan gejala. Kucing banyak makan tetapi tetap kurus atau perut buncit merupakan salah satu gejala cacingan. Gejala lainnya bisa berupa adanya cacing berbentuk seperti lidi atau pita tipis berwarna putih pada kotoran atau muntah kucing.

Cacing dapat menyebabkan gangguan pencernaan, anemia, kekurangan gizi atau komplikasi lainnya. Anak kucing yang baru lahir dapat tertular cacing dari induknya. Anak kucing yang terserang cacingan dapat mengalami diare berkepanjangan, terhambat pertumbuhannya atau mati karena kekurangan cairan (dehidrasi) dan kekurangan gizi.

Sebagian besar cacing menular melalui telur yang biasanya terdapat pada kotoran kucing. Beberapa jenis cacing dapat menular melalui pinjal (kutu kucing) atau tikus.

Ada 2 jenis cacing yang sering menyerang kucing, yaitu cacing gelang (gilig) dan cacing pita.

Sesuai dengan namanya cacing gelang berbentuk seperti batang berwarna putih atau krem dengan ekor dan kepala meruncing. Panjang cacing bervariasi mulai dari beberapa milimeter hingga puluhan centimeter.


Cacing pita berbentuk seperti pita putih atau krem dengan diameter beberapa milimeter. Panjang cacing pita pada kucing bisa mencapai 70 cm.


Cacing-cacing di atas dapat merugikan kucing dengan cara menghisap nutrisi makanan yang terdapat di usus atau menggigit dinding usus dan menghisap darah yang terdapat di usus. Luka-luka akibat gigitan cacing dapat menyebabkan infeksi pada dinding usus. Beberapa jenis cacing hidup dan berkembang di pembuluh darah sehingga dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan gangguan pada jantung, otak, hati atau organ lain.


Sumber : silakan dilihat di bawah sendiri


Cacing Pita : Perusak Usus dan Pencuri Makanan

Pinjal Kucing adalah salah satu parasit kucing yang dapat menyebarkan cacing pita. Segera basmi pinjal dan beri obat cacing secara berkala.

Kucing yang terkena serangan cacing pita biasanya jarang sekali menunjukkan gejala sakit. Cacing dapat saja menyebabkan mencret, kadang-kadang disertai bercak darah. Pada kasus yang parah dapat menyebabkan kurang gizi, kurus, infeksi usus, dan gangguan pencernaan seperti usus tersumbat. Sekitar 1-60 % dari seluruh populasi kucing terserang cacing ini. Oleh karena itu pencegahan dengan pemberian obat cacing rutin adalah cara terbaik menghindari serangan cacing.

Anak kucing yang baru lahir dapat tertular cacing dari induknya. Anak kucing yang tertular biasanya mengalami diare (mencret) berkepanjangan. Akibatnya pertumbuhan menjadi terganggu sehingga anak kucing bisa mati karena dehidrasi dan kekurangan gizi.

Ada beberapa spesies cacing pita yang sering terdapat di pencernaan kucing, yaitu : Dipylidium caninum, Taenia taeniaeformis dan Echinococcus multilocularis. Sesuai namanya, cacing pita berbentuk pipih seperti pita dengan warna putih atau krem. Cacing pita di pencernaan kucing dapat mencapai panjang 70 cm.

Cacing pita mempunyai kepala (scolex) dengan beberapa mulut penghisap yang berfungsi menghisap darah dan zat-zat makanan yang terdapat di usus kucing. Di kepala cacing pita terdapat rostellum, berbentuk seperti kikir bergerigi yang berfungsi sebagai jangkar. Rostellum ini menancap di dinding usus kucing dan menyebabkan luka pada usus kucing.

Kepala cacing pita (scolex)

Badan cacing pita terdiri dari banyak segmen. Setiap segmen merupakan satu unit reproduksi fungsional. Segmen paling dewasa terdapat di ekor cacing pita. Bila telah matang segmen ini lepas dan mengeluarkan 5-30 telur cacing. Cacing pita bisa melepaskan 1 segmen dewasa setiap hari.

Cacing Dipylidium dewasa.
a. Kepala (scolex)   b. Segmen matang


Siklus Hidup Cacing Pita Dipylidium Caninum

Siklus Hidup Cacing Pita Dipylidium Caninum

Segmen cacing yang matang akan melepaskan diri dari induknya dan keluar melalui kotoran. Dalam segmen ini terdapat telur cacing. Telur dalam segmen dapat bertahan selama beberapa bulan di daerah yang kering. Segmen yang kering berbentuk seperti butiran beras.

Segmen/telur cacing jatuh ke lantai atau alas tempat tidur kucing. Telur pinjal (kutu kucing) yang juga menetas di tempat yang sama akan menghasilkan larva, larva tersebut akan memakan telur cacing. Dalam tubuh pinjal, telur cacing berkembang menjadi cysticercoid.

Cysticercoid akan berpindah ke tubuh kucing bila pinjal menggigit dan menghisap darah kucing. Dalam tubuh kucing, cysticercoid akan berkembang menjadi cacing pita dewasa dan kembali menghasilkan telur.

Pengobatan dan Pencegahan
Cacing pita hanya bisa dibasmi dengan obat cacing yang mengandung Prazyquantel, dichlorphen atau febendanzole.
  • Semua kucing harus diberi obat cacing, bila pada salah satu kucing positif terdapat cacing pita.
  • Semua kucing harus diberi obat anti kutu, bila pada salah satu kucing positif terdapat pinjal.
  • Berikan obat anti kutu dan obat cacing secara rutin untuk pencegahan.

Referensi : drh. Neno Waluyo S.


Cacing Gelang

Ada banyak spesies cacing gelang yang dapat menyerang kucing. Yang paling sering adalah Toxascaris leonina dan Toxocara cati. Cacing gelang berbentuk seperti tambang, dengan bagian ekor dan kepala yang lebih kecil dari bagian perut.

Cacing ini jarang menyebabkan penyakit yang parah pada kucing dewasa. Pada anak kucing sering menyebabkan kurus tetapi perut buncit, kurang nutrisi dan mencret (kadang disertai bercak darah). Pada beberapa kasus terjadi penumpukan sejumlah besar cacing dan menyebabkan usus tersumbat.

Toxocara cati paling sering menyerang kucing bila dibandingkan cacing gelang lainnya. Pada kondisi tertentu telur cacing ini dapat bertahan selama 1 tahun di lingkungan kering. Larva cacing bisa masuk ke hati, bergerak ke paru-paru terus menuju ke trachea di tenggorokan dan masuk kembali ke perut melalui saluran makanan (esofagus). Pada saat perpindahan di tenggorokan ini, kucing sering menunjukkan gejala batu-batuk dan muntah. Pada muntahannya kadang-kadang terdapat cacing.

Sebagian besar hidup cacing gelang berada di dalam tubuh kucing. Telur yang dihasilkan cacing dewasa dikeluarkan melalui kotoran. Telur cacing sangat resisten dan dapat bertahan dilingkungan kering. Telur cacing ini dapat rusak bila terkena larutan Hypoclorit (Pemutih) selama 10 menit.

Selain melalui telur cacing yang dikeluarkan lewat kotoran, induk kucing juga dapat menulari anaknya lewat air susu. Tikus juga dapat berperan dalam menyebarkan dan menularkan cacing.

Untuk mengetahui apakah kucing terserang cacing atau tidak, biasanya dengan memeriksa contoh kotoran kucing di bawah mikroskop. Pemeriksaan ini biasa dilakukan oleh dokter hewan. Pada kotoran kucing tersebut akan terlihat adanya telur cacing. Terlepas ditemukan atau tidaknya telur cacing pada kotoran kucing, pemberian obat cacing sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala.

Siklus hidup cacing gelang (Toxocara Cati)

Sebagian besar cacing gelang mempunyai siklus hidup yang mirip. Kebanyakan telur cacing menetas dalam waktu dua minggu. Obat cacing membasmi cacing dengan cara merusak sistem syaraf cacing. Obat cacing tidak bisa membasmi telur cacing karena telur tidak mempunyai sistem syaraf. Oleh karena itu pemberian obat cacing harus diulang 2 minggu kemudian agar cacing yang berasal dari telur yang baru menetas dapat segera dibasmi dengan tuntas.

Kebanyakan cacing gelang dapat dibasmi oleh obat cacing yang mengandung bahan aktif pyrantel, febendazole, mebendazole atau piperazine.

Referensi : drh. Neno Waluyo S.





Sumber :
Tulisan pada halaman ini dari berbagai sumber, antara lain dari kucing.biz dan dari dompi.co.id, flamboyan.co.id, CFI, ICA, CFSI, dsb yang telah disempurnakan (diupdate) isi atau materinya. 
Bila anda ingin mengcopy tulisan maupun gambar2 pada situs ini, silakan saja, tidak masalah, hitung2 turut mencerdaskan masyarakat dan nambah amal plus pahala. Tentu saja jangan lupa mencantumkan sumbernya, rumah kucing Ok, salam kucing 

81 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasiiiih.. ilmu yang sangat berguna.. :) Salam untuk sesama feline lover seluruh Indonesia.. :)

Ochan mengatakan...

kucing sakit nya berliur mulu, tak mau makan,mulut nya bau, bahkan air liur ampe hitam ditambah lagi jadi sering tiduran mulu, minum pun gak mau...

kira2 penanganan nya gimana yach...??
please sharing donk atau sms atau contact ke 0899801289833
trima kasih

Unknown mengatakan...

trims. info ini sangat menyadarkan saya pentingnya merawat kucing dan mencegah penyakit tersebut menular ke kucing saya :D

Blog Of Yodi Wahyu Prasetya mengatakan...

kucing saya sakit nya aneh..nggak mau nengok ke kanan,cuman bisa nengok ke kiri...kalo jalan juga..jalannya miring kayak kepiting..kemungkinan ditabrak orang nggak ya??

dibasaiful mengatakan...

obat cacingnya sama kayak obat cacing yg di apotik (obat cacing buat anak2) boleh gak??

Unknown mengatakan...

Thanks infonya ;)

Agil barker mengatakan...

kucing saya di bagias kedua matanya ketutup selaput warna hitam di saat hamil dan melahirkan,sesudah melahirkan si kucing gak mau mengurus dan menyusui anaknya.Justru ketika didekatkan malah seperti ketakutan.kira2 kucing saya sakit atau kenapa ya?

Fionna mengatakan...

Kucing saya jalannya miring.. nggak bisa tegak.. kalo jalan sering jatuh gitu.. kenapa ya??
katanya kena virus..kira" apa ya?
gimana cara menanganinya?

batamkucingpersia mengatakan...

mksh banget pencerahannya. salam feline lover's juga

Unknown mengatakan...

Obat buat kucing yang sempoyongan apa yaa??

Yumi Lestari mengatakan...

terima kasih, informasinya sangat berguna.

ahim mengatakan...

kucing saya sakit, matanya beair, agak sulit untuk berjalan, perutnya agak membuncit, dan bulunya kasar.... kira-kira itu terkena penyakit apa dan pengobatanya bagaimana?

Unknown mengatakan...

makasih infonya.aku mau bertanya 1 hal nih.kalau kucing yang flu berat di kasih vitamin c,apa yang akan terjadi pada kucing dewasa tersebut ya..? karna kucing dewasa ku lagi sakit flu berat banget nih.kasihan aku melihatnya.aku bingung harus bagaimana menangani,dan mengobati kucing ku yang sakit?

Unknown mengatakan...

kucing aku habis kemakan racun tikus habis aku kasih air kelapa dia udah agak baikan udh bisa gerak atau berdiri tp setelah itu dia muntah dan habis muntah itu dia jadi lemes banget. gimana ya cara nanganinnya?

PKKRW 015 mengatakan...

kucingku usia -+8 buln, di dadanya antara kedua kaki depannya ada benjolan, tadinya kecil trus lama kelamaan besar (tp ga terlalu besar banget), setelah itu benjolan tersebut kempes tp mengeluarkan nanah dan bekasny skrg merah tp ada lobang dikit. itu kira2 kucing ku knapa dan pertolongan pertamanya apa?

Unknown mengatakan...

weh pemilik nih blog gimana sih diatas udah pada nanya kagak di jawab kagak di bales gimana sih??? culun

Matematika Universitas mengatakan...

kucing saya munthanya ngeluarin cacing, anusnya bengkak, kurus, lesu, lama-kelamaan nggak bisa jalan, akhirnya mati, itu kenapa ya?

Unknown mengatakan...

Kalo bisa jgn ya, ada ko di pet shop obat cacing khusus kucing, ada yg cair jga harga mulai 15 rbuan yg bsar 25 rbu...

Unknown mengatakan...

Di basuh pake revanol aja gapap sis, klo lubangnya sampe ngluarin belatung di basuh dgn alkohol yg 70%...

Unknown mengatakan...

kk aku mau nanya dong. aku pny kitten umur 2 bln. kitten aku kaki belakangnya ga bs dipake buat jln ka, dia jalannya ngesot cm pake kaki depannya aja. sblm begini td siang aku mandiin dia, stelah di mandiin dia menggigil, kira2 kitten aku kenapa ya ka? ada pengaruhnya ga gara2 aku mandiin?

yukicahmayongputranepaksoelar mengatakan...

Minumin trs susu beruang

NanaSyamNur mengatakan...

mau nanya dong, aku punya anak kucing matanya merah. kadang" suka nyipitin satu matanya gitu. itu kira" kenapa ya? trus cara ngatasinnya gmna? tolong di jawab ya makasih :)

Unknown mengatakan...

kk aku mau nanya dong. aku punya anak kucing. kitten aku kaki belakangnya ga bs dipake buat jln ka, dia jalannya ngesot cm pake kaki depannya aja. sblm begini td siang aku mandiin dia, stelah di mandiin dia menggigil, kira2 kitten aku kenapa ya ka? terus nyembuhinnya gimana?

Unknown mengatakan...

Kucing saya sakit sehabis dipacak, sepertinya ketularan pejantannya. Saya khawatir nanti berpengaruh sama anak2nya. Tp Drh udh bilangin saya, antibiotik yg dikasih gak berpengaruh sama janinnya. Tp sebagai pemilik saya masi ada rasa khawatir. Ada yg mau sharring tentang masalah ini? Atau pernah ada yg punya pengalaman seperti saya, minta share nya dong....

Zahra Oktaviani Fazriah mengatakan...

Maaf saya mau tanya.. saya harap pertanyaan saya dijawab. Karna kucing saya skrg sedang dirawat di rs.hewan dan sudah 5 hari belum sembuh :( pertanyaannya..

apa kucing yg sakit liver bisa sembuh? Kira2 berapa lama masa penyembuhannya? Apa ada cara penyembuhan yg bisa dilakukan dirumah?

Karna kendala saya adalah biaya. Saya masih kuliah, tp skrg saya coba bekerja untuk kucing saya. kasihan skali dy yg biasanya lincah skrg harus berbaring dirumah sakit :( smoga ada masukan, saya ingn kucing saya sembuh. Terimakasih :')

Unknown mengatakan...

Aslkm..
Ka aku mau nanya. Kenapa kucing saya kejang kejang trus napasnya lebih cepat dri biasanya. Dan suka gigit kukunya.dan kaki smpe tanganya berkeringat. Kira '' kucing saya kena penyakit apa ?? Mohon d blas scpatnya.

Anonim mengatakan...

assalammulaikum mau nanya nih kucing saya kucing kampung jadi dibebasin dan dia sering berantem nah pas lebaran kemaren ketemu eh dia tuh jalannya pincang terus miring dan palanya juga miring mata satu tertutup seperti hilang dan melet gitu saya sampe nangis kejer dan saat dikasih makan dia gabisa makan tulang yang biasa dia makan, saat makan pun sampe miring miring dan jatuh mohon diberi informasi penyebab yang mungkin dan cara mengobatinya terima kasih selanjutnya wassalammualaikum

Fina mengatakan...

Itu udah jelas cacingan kronis mba..udah sampe muntah cacing gitu. Harusnya mba perhatiin gejala kucing cacingan, diantaranya suka tidur,agak lemes sama perutnya agak buncit, trus perhatiin juga kalo abis bab di dekat anusnya biasanya ada cacingnya.. kayak parutan kelapa gitu.
harusnya dikasi obat cacing, bisa kasi pirantel pamoat/combatrin.. aduh sayang banget mati cuma gara2 cacingan kucingnya.. kan gampang padahal ngobatin cacingan.

Fina mengatakan...

Cedera habis berantem kayaknya. Parah sih itu, bawa ke dokter hewan aja..

Unknown mengatakan...

URGENT... mohon informasinya... saya punya 4 kitten.. 2 hari lalu kitten A sakit gejalanya gk mau mkn minum,suhu tubuh hangat,tubuhnya sangat lemas sehingga susah berjalan, kakinya seperti lumpuh gt.. trus saya selimutin dengan kain tebal dan saya cekokin susu steril agar tdk lemas trus, keesokan harinya 1 per 1 kitten yg lain ikut tertular... dan sekarang 4 kitten saya lagi terbaring lemas dikasur nya.. saya sudah selimutin, cekokin susu steril dan air mineral.. yang mau saya tanyakan kucing saya terkena penyakit apa ya? koq bisa sakit masal.. dan apa yg harus saya lakukan agar kitten's saya lekas sembuh, saya harus beri obat apa? mohon jawaban nya ya buat semua teman... sedih bgt liat mereka :'( :'(

Unknown mengatakan...

mohon bantuannya kucing saya umur 4bulan tiba di sebelah pipinya ada benjolan besar
itu disebabkan oleh apa ya biasanya ??
apa ada saran untuk pengobatannya.
saya tidak melihatnya dia masih mau makan main dll.
tp dia sudah buat sejak umur 2bulan lalu.
tolong infonya yaa

Unknown mengatakan...

Kucing saya seminggu yg lalu kecebur kolam,setelah beberapa hari setelah kejadian itu di sekitar bokongya timbul benjolan.. dan lama kelamaan kucing saya nafsu makannya berkurang dan jadi murung terus.. setelah 3hari kemudian betapa kagetnya saya melihat pangkal paha kucing saya berdarah dan ada luka gitu.. saya bingung apa yg harus saya lakukan.. saya sempat memberi antiseptik namun saya belum tuntas membersihkannya msh ada darahnya.. Apa yg saya perbuat untuk langkah selanjutnya..? Tolong bantuannya ya..kasian kucing saya..

Unknown mengatakan...

ka minta bantuannya dong. kucing saya udh beberapa hari bersin- bersin, batuk, matanya berair dan nafsu makan nya berkurang. kucing nya lagi hamil , biasanya aktif banget tapi jadi lemas gitu. gimana ya ka cara pengobatannya. mohon bantuannya makasih.

Unknown mengatakan...

Itu flu kucing, jangan pernah dikasi obat flu manusia ya. Biasanya kalo ke drh dikasi antibiotik amoxillin. Cara yg paling ampuh kasi vitamin nutri gel plus, kasinya pake bekas suntikan yg udh gak dipake, minta aja di drh biasanya mereka banyak, trus ganti makanan kucing yg basah, kasi mkn kucingnya pake suntikan juga. Jadinya dipaksa makan gitu. Karena kalo supply makanan + vitamin bagus, antibodi kucingnya jadi bagus juga. Flunya akan hilang sendiri. Semoga lekas sembuh ya kucingnya

Unknown mengatakan...

Sdh sembuh blm mas?? Maaf baru bales walaupun udh 1 th yg lalu , bales yah?

Unknown mengatakan...

Sdh sembuh blm mas?? Maaf baru bales walaupun udh 1 th yg lalu , bales yah?

Unknown mengatakan...

Sdh sembuh blm ?

Unknown mengatakan...

Dok kucing saya sempet ga pulang kerumah seharian, besoknya pas kembali kerumah badannya lemes (tidur terus) dan badannya agak panas, keluar cairan berbau dari mulut,hidung, dan matanya. Kucing saya sakit apa ya dok? dan apa obatnya? Terima kasih :)

Unknown mengatakan...

Kata Dokter kucing saya terkena Liver parah,apakah makanan dan minuman yang baik buat kucing yang sakit liver..?.apakah kesempatan buat dia hidup lebih besar...terima kasih sebelumnya mz..

Unknown mengatakan...

Kata Dokter kucing saya terkena Liver parah,apakah makanan dan minuman yang baik buat kucing yang sakit liver..?.apakah kesempatan buat dia hidup lebih besar...terima kasih sebelumnya mz..

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Dok, kucingku kok jalannya gak stabil,,kalo diperhatikan kaki belakangnya yg lemes.. masih mau makan walaupun sedikit2 tp sering.. dan kalo dipegang area sekitar mata dia langsung bereaksi.. kira2 knp ya? umur kucingku 1,2bulan dok.. mohon bantuannya, terimaksh

Unknown mengatakan...

Kucing saya sempoyongan,ingusan,lemas,gak nafsu makan tidur terus nda bisa berdiri sakit apa ea yang di derita kucing saya?

Unknown mengatakan...

Kucing saya sakit perutnya membesar,tapi badan kurus,nafsu mkn g ada,matanya kekuning kuningan,sulit bernafas jg,lemas,lesu kira2 apa ya penyakitnya dg gejala itu?

Unknown mengatakan...

Kucing saya telinganya keluar cairan spt nanah & ada darahnya. Sp gk mau makan. Apa bs diobatin sendiri tanpa ke dokter hewan?

Citra dewi mengatakan...

Saya pengn nanya , saya punya kucing tapi kucing saya suka bertngkar dengn kucing lain dan menyebabkan matanya jadi sela , dan diatas kupingnya itu jadi berlubang. Jadi apa solusi buat obatin kuping kucing saya yg berlubag itu

Balas

Citra dewi mengatakan...

Saya pengn nanya , saya punya kucing tapi kucing saya suka bertngkar dengn kucing lain dan menyebabkan matanya jadi sela , dan diatas kupingnya itu jadi berlubang. Jadi apa solusi buat obatin kuping kucing saya yg berlubag itu

Balas

Unknown mengatakan...

Kak mau nanya
kucing saya pipi na bengkak udah gtu nafas na cepet kayak sesak gitu
badannya dingin dan hidungnya putih pucat
itu kenapa ya?
Kasian dya kesakitan

Unknown mengatakan...

Kak..kucing aku tuh pipinya sm semua badannya bengkak smua.Terus kalo dia jln, kakix gemeteran. Itu gejalanya apaya ?? Dan cra obatinnya gimana ??

Unknown mengatakan...

Kak..kucing aku tuh pipinya sm semua badannya bengkak smua.Terus kalo dia jln, kakix gemeteran. Itu gejalanya apaya ?? Dan cra obatinnya gimana ??

DUO STORE mengatakan...

Mungkin anaknya cacat ?

DUO STORE mengatakan...

Mohon bantuannya ya yang tau .. kucing saya sehabis melahirkan kenapa sering menjulurkan lidah seperti anjing ya ?? Trus perutnya kembang kempis cepat .. apa itu wajar ??

Rizky Muharomsyah mengatakan...

Mohon bantuannya ya
Kucing saya sakit dia ngeluarin air liur dari mulut sama dari hidung tapi dari hidung air liurnya kayak berwana merah , matanya juga berair
Itu kenapa ya ? Tolong soalnya saya sayang banget ke kucing saya

Rizky Muharomsyah mengatakan...

Mohon bantuannya ya
Kucing saya sakit dia ngeluarin air liur dari mulut sama dari hidung tapi dari hidung air liurnya kayak berwana merah , matanya juga berair
Itu kenapa ya ? Tolong soalnya saya sayang banget ke kucing saya

Daniel mengatakan...

mohon bantuannya ya
ciri ciri manusia yang terkena tokso plasma

Daniel mengatakan...

mohon bantuannya ya
ciri ciri manusia yang terkena tokso plasma

Unknown mengatakan...

mohon bantuannya yaa
kemarin sekitar 4-5hari yg lalu kucing aku sakit. trs aku bawa tuh ke petshop. disana dikasi obat sm suntik vitamin. setelah itu aku bawa pulang kan nah aku kasi obatnya. ada obat cair tetes gitu kan itu buat diare. nah setelah 3hari minum obat dr dokter kucing aku sehat lincah. eh malah setelah aku kasi obat diare justru diarenya makin parah dan dia jalan sempoyongan, tapi masi mau makan. meskipun dikit. aku uda kasi obat diare itu sesuai aturan dokter. tp kenapa justru sempoyongan sama diare nya makin parah ya? gimana solusinya temen2

Unknown mengatakan...

maaf numpang tanyak kucing saya masih umur 2 bulan terus dia mengalani hal aneh kayak terus menggaruk hidungnya menggunakan kakinya sampai berderah itu di sebabkan apa ya,,, dan apa solusi atau obatnya terimakasih

Unknown mengatakan...

Kucing sakit jangan dimandiin. Malah bisa berujung kematian

Unknown mengatakan...

Kucing sakit jangan dimandiin. Malah bisa berujung kematian

WANDAH mengatakan...

Salm saya nk bertanya..kocing saya dh agak berumur la. Tapi
Masih sihat lagi cuma saya mau tau kenapa dia adabintik2 hitam ppa matanya...bila saya cuba cuci xmau tangal..di keliling mata dn mulut nya..tolong beri jawapan...

WANDAH mengatakan...

Salm saya nk bertanya..kocing saya dh agak berumur la. Tapi
Masih sihat lagi cuma saya mau tau kenapa dia adabintik2 hitam ppa matanya...bila saya cuba cuci xmau tangal..di keliling mata dn mulut nya..tolong beri jawapan...

WANDAH mengatakan...

Salam saya nk bertanya kucing saya dh agak tua tapi masih sihat lagi. Cuma saya mau tau kenapa ada bitik2 hitam pada mata dn mulut nya..saya dh cuba cuci tapi xbolih hilang dia macamtahi lalat melekat pada gusi dn kelopak mata..tolong jawab ia...

WANDAH mengatakan...

Salam saya nk bertanya kucing saya dh agak tua tapi masih sihat lagi. Cuma saya mau tau kenapa ada bitik2 hitam pada mata dn mulut nya..saya dh cuba cuci tapi xbolih hilang dia macamtahi lalat melekat pada gusi dn kelopak mata..tolong jawab ia...

WANDAH mengatakan...

Saya sayang kucing saya

WANDAH mengatakan...

Saya sayang kucing saya

WANDAH mengatakan...

Saya sayang kucing saya

Unknown mengatakan...

kucing saya awalnya bulu mata dipotong akibatnya mata smpek menutup awalnya berair dan lemah gak mau makan dan sekarang kurus kering gimana obatnya ya..

Gilang Leonard mengatakan...

Permisi mau nanya kucing saya kok mulutnya berlendir terus bau banget mulutnya, kalo lendir yg dimulutnya dilap pake kaos kayanya kesakitan, sama engga mau makan sama minum, mohon bantuanya kenapa yaa kucing saya

Unknown mengatakan...

Makasih banyak infonya dok.
Arikelnya sangat Membantu. Kucing saya sudah 1 minggu sariawan. Seperti nya efek kebanyakan dry food. Makasih info dan saran nya.

Unknown mengatakan...

Cacing cambuk juga dapat menyebabkan penyakit pada kucing

https://rawatkucing.com

Unknown mengatakan...

Perut kucing saya kok kembang kempis cepat ea g normal kyk biasanya udah satu mggu..penyakit apa ea?obatnya apa ea?

Unknown mengatakan...

Kak mau tanya dan minta solusinya tolong.. kucing aku matanya bengkak warna merah di sudut matanya dan berdarah serta berair.. bagaimana solusinya kak.. tolong respon secepatnya penting

Unknown mengatakan...

Kak mau tanya dan minta solusinya tolong.. kucing aku matanya bengkak warna merah di sudut matanya dan berdarah serta berair.. bagaimana solusinya kak.. tolong respon secepatnya penting

Unknown mengatakan...

di area bibir kucingku ada warna hitam klo di pegang seperti lem lengket, apa penyebabnya dan apa obatnya mohon solusinya, mks

Unknown mengatakan...

di area bibir kucingku ada warna hitam klo di pegang seperti lem lengket, apa penyebabnya dan apa obatnya mohon solusinya, mks

Intan mengatakan...

Kucing saya badan ya bau padahal udh sering dimandiin tetep ajja bau. Trs pernapasannya juga bau dan itu knpa ya kirakira. Tolong kasih tau donggg

Unknown mengatakan...

Informasi yg sangat bermanfaat... Terima kasih sudah berbagi informasi... Semoga kucing2 kita sehat selalu, dan sukses terus buat cat lovers indonesia��

Unknown mengatakan...

Sama nih gan kucing saya juga bgtu.. skrg kucing nya gmn gan?? Saya juga bingung ini..

Ellena Yunianti mengatakan...

Kucing saya mulutnya berliur Mulu, gak mau makan dan sukanya tidur .
Penyebabnya apa ya trus kalo bisa penanganannya gimana??
Tolong bantu ya!!

Dunia Hewan mengatakan...

tulisannya sangat lengkap bahas penyakit kucing, sangat bermanfaat. Salam kenal dan jangan lupa kunjungan dari teman penyayang kucing di https://hewandankita.blogspot.com/2020/09/penyakit-fip-pada-kucing.html

Posting Komentar

 

©2010-2012 Rumah Kucing | by Cat Lovers